Kamis, 29 Desember 2011

MAHASISWA BIDIK MISI UNM MENJADI FINALIS DALAM KONFERENSI ILMUWAN MUDA INDONESIA, MIPA UNTUK NEGERI 2011

Konferensi Ilmuwan Muda Indonesia merupakan salah satu ajang bertemunya para ilmuwan-ilmuwan muda Indonesia untuk mempresentasikan gagasan berupa ide- ide cemerlang mengenai solusi terhadap permasalahan yang ada di Indonesia berdasarkan sisi keilmuan yang dimiliki. Kegiatan yang bertemakan “Peran Masyarakat Ilmiah Indonesia dalam Menghadapi Pemasalahan Sosial Kemasyarakatan, Krisis Energi dan Lingkungan  dimeriahkan oleh 170 mahasiswa dari 27 kampus se-Indonesia, salah satunya yakni atas nama Yusri Mahasiswa Bidik Misi Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar dengan judul paper yaitu “Persepsi Masyarakat Mengenai Efektivitas Program Green and Clean dalam Menanggulangi Masalah Banjir di Kelurahan Lalatang Kecamatan Tallo Kota Makassar” Kurang lebih ada 300 abstrak yang diseleksi oleh dewan juri yang nantinya akan dipilih 90 abstrak terbaik diantaranya 30 abstrak yang bertemakan tentang lingkungan, 30 abstrak yang bertemakan krisis energi dan 30 abstrak yang bertemakan sosial masyarakat, dan selanjutnya para finalis yang terpilih akan  mengirimkan full paper dari gagasan yang akan diajukan..
            Salah satu hal yang paling menarik dari rangkaian MUN ialah banyaknya ide-ide cemerlang yang dipresentasikan para mahasiswa di TUN (Tulisan Untuk Negeri). Tiga tema utama dalam TUN ialah Energi, Sosma, dan Lingkungan. Dari ketiga tema tersebut, masing-masing dari peserta atau kelompok berusaha menghasilkan solusi, berdasarkan penelitian mereka, untuk memecahkan masalah yang terjadi di Indonesia. Para peserta lainnya juga turut mengkritisi ide-ide yang dipaparkan dengan pertanyaan dan saran.
Para finalis yang terpilih nantinya akan mempresentasikan gagasanya di KONFERENSI ILMUWAN MUDA INDONESIA (KIMI). Keenam puluh penulis utama karya tulis tersebut akan diundang ke kampus Universitas Indonesia. Subtema konferensi akan sama dengan subtema TULISAN UNTUK NEGERI yaitu Sosial Kemasyarakatan, Krisis Energi, dan Lingkungan. Secara khusus salah satu subtema yaitu lingkungan, akan lebih memfokuskan kepada penanggulangan berbagai macam masalah lingkungan, mulai dari pengolahan limbah rumah tangga atau plastik, hingga upaya konservasi lingkungan yang rusak. Subtema krisis energi akan memfokuskan pada pencarian dan pendayagunaan energi alternatif di suatu wilayah dengan melibatkan secara aktif semua pemangku kepentingan. Subtema sosial kemasyarakatan difokuskan pada upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi masalah di masyarakat itu sendiri dengan melibatkan atau membentuk komunitas-komunitas. Selain presentasi gagasan, masih banyak kegiatan lainnya seperti simposium nasional yang bertemakan  Sains Untuk Kebangkitan Nasional dengan beberapa pembicara diantaranya Prof. Daniel Murdiyarso
Ilmuawan CIFOR (Center of International Forest Research) bidang Meteorologi ,Ir. Pramono Anung Wibowo, MM  Wakil Ketua DPR Periode 2009-2014 dan masih banyak pemateri- pemateri lainnya.
Share:

2 komentar:

Navigation Menu

About me

Kirimkan cerita inspiratif kalian sebagai mahasiswa Bidikmisi agar bisa menginspirasi banyak orang.

Kirimkan ke: ikbim.unm@gmail.com
ikbim.unm@gmail.com
.

Search

ADMIN

Website ini dikelola oleh Bidang 3 Media dan Komunikasi IKBIM UNM

1. Muhammmad Akhsan Alimuddin
2. A. Irvan Pradana
3. Nurhidayah
4. Vivi Suyanti
4. Nining Rahmiati
4. Muh. Irwan
4. Lindasari

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support