Sabtu, 17 Desember 2011

Potret Hidup Seorang Yudi Arianto


Yudi Arianto yang dilahirkan pada tanggal 6 Mei 1991, di kota Angin Mamiri’ Makassar. Lahir dari perut ibu yang penuh dengan rasa cinta dan kasih, Nurlaelah. Dibesarkan dengan arahan seorang ayah yang bijaksana dan penuh taggung jawab, Abd. Latief DS. Umur tiga tahun ayahanda tercinta pergi untuk selama-lamanya meninggalkan seorang istri dan ketiga anaknya, hingga akhirnya mereka pindah bersama ibu dan kedua saudaranya hingga menetap didaerah yang asri, aman, dan damai, itulah Manipi. Kepergian seorang ayah membuat ibunda tercinta harus menjadi single parent  dan harus menguras keringat untuk mengurus dan membesarkan anak-anaknya yang masih lucu-lucu. Ketika di Manipi ia diasuh dan dididik oleh bibi saudara ibundanya yang kondisi penulis saat itu sangat memperihatinkan, tubuhnya sangat kurus tinggal tulang  berbalut kulit dan saking putihnya kulit penulis saat itu membuat tulang-tulang dan ususnya rada-rada kentara. Keadaan inilah yang membuat semua orang yang melihatnya bertanya, apakah anak ini akan bertahan hidup?
Umur enam tahun adalah usia yang saatnya penulis untuk dimasukkan kesalah satu sekolah dasar yang ada di Manipi yang tidak jauh dari rumah bibi, yakni SD Negeri No. 87 Manipi. Sekolah ini merupakan tempat awal penulis menempuh pendidikan. Prestasi akademiknya tidak kalah dengan teman-teman sekelasnya yang lain, setiap diberi tugas selalunya nilai Sepuluh. Namun Allah berkehendak lain, Baru saja penulis mengenyam pendidikan sekitar satu bulan, penulis harus menghentikan sekolahnya karena guru-gurunya tidak tahan melihat penyakit kulit yang diderita penulis. 
 
Pendaftaran murid baru tiba, ia kemudian dimasukkan kembali ke sekolah dimana penulis disekolahkan sebelumnya. Prestasinya tetap diakui oleh guru-gurunya, hingga satu-satunya murid disekolahnya dipanggil ke Kantor Diknas Kabupaten Sinjai untuk menandatangani penerimaan beasiswa murid berprestasi. Beasiswa ini diterima setiap semester, dan bersamaan dengan itu pula penulis juga menerima beasiswa miskin.Tapi sayangya besiswa prestasi tersebut Cuma diterima selama tiga semester, dan beasiswa kurang mampunya tetap diterima sampai penulis menamatkan studinya di sekolah dasar.

Enam tahun penulis sekolah di SD, kemudian lanjut ke salah satu SMP di Manipi yaitu SMP Negeri 1 Sinjai Barat, dan harus tinggal sendiri dirumah orang tua. Kemandirian dan keberanian penulis untuk tinggal sendiri dimulai sejak kelas satu SMP. Biaya sekolahnya pun dibiayai oleh pemerintah dalam bentuk Beasiswa Kurang Mampu (BKM), karena penulis hanyalah terlahir dari keluarga yang pas-pasan. Prestasi akademik penulis semakin menonjol dan aktif diberbagai organisasi intra sekolah dan di ekstra sekolah salah satunya menjabat sebagai ketua Remaja Masjid di Masjid Al Anshar Komp. Asrama POLSEK Sinjai Barat.

Masa-masa SMP tidak terasa telah dilewati selama tiga tahun lamanya dengan urutan kedua NEM tertinggi disekolahnya, kemudian lanjut di SMA Negeri 1 Sinjai Barat dengan beasiswa pula. Penulis lanjut mengawali studinya dengan menorehkan peringkat pertama berturut-turut di kelasnya. Mulai dari kelas satu SMA penulis menjabat sebagai ketua kelas sekaligus dipercayakan sebagai Bendahara umum OSIS. Kemudian, kelas dua dipercayakan menjabat sebagai Ketua Umum OSIS SMA Negeri 1 Sinjai Barat tapi prestasinya menurun karena penulis juga bekerja disalah salah satu usaha percetakan di Manipi. Sejak menjabat sebagai Ketos, ia juga sering di utus mewakili sekolah untuk mengikuti berbagai pertemuan-pertemuan dan lomba-lomba sekabupaten, bahkan sampai ketingkat propinsi, misalnya lomba Olimpide Sains Kabupaten Sinjai, Pekan Olahraga Kabupaten Sinjai, Lomba bongkar pasang senjata di Kabupaten Bone, MTQ Kabupaten Sinjai, dan masih banyak lagi yang tidak sempat penulis paparkan. Alangkah ganjilnya lagi penulis menjabat sebagai Ketos selama dua periode, dan kepengurusannya dibubarkan ketika selesai ujian.
Selepas di SMA impian penulis untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri tercapai, ia diterima kuliah di Pendidikan Teknik Informatika & Komputer Universitas Negeri Makassar (UNM) lewat jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK C) dan sebagai salah satu penerima Beasiswa BIDIK MISI.

Sebelum pengumuman PMDK C keluar, Karena kondisi perekonomian orang tua sangat memprihatinkan, Penulis sempat melamar pekerjaan dibeberapa perusahaan-perusahaan swasta, pasar swalayan dan pertokoan yang ada di kota Makassar dengan alasan agar bisa mendaftar SNMPTN tahun berikutnya, tapi tidak satu pun yang ditanggapi positif karena perekrutan karyawan baru sudah lewat. Setelah berlelah-lelah melamar pekerjaan, tiba-tiba malam harinya ditelepon oleh salah seorang senior yang ada di Fakultas Ekonomi UNM beliau mengatakan “Dek saya lihat namanya tertera dipengumuman yang lulus Beasiswa Bidik Misi coba adik cek besok di kampus” setelah mendengar pemaparan tersebut, penulis sangat senang, akhirnya dia bisa juga mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan tanpa sepeser pun biaya dari orang tua. Penulis juga sangat bersyukur karena pemerintah masih memberikan perhatian lebih kepada kami yang anak-anak bangsa yang mempunyai semangat pendidikan yang tinggi namun kondisi ekonomi tidak memungkinkan untuk itu. Penulis berharap dengan adanya program Beasiswa Bidik Misi, minat-minat, bakat, dan prestasi terpendam anak bangsa yang keadaan ekonomi tidak memungkinkan akan tersalurkan tanpa adanya hambatan dari segi ekonomi hingga mereka menggapai cita-cita yang mereka inginkan. Sehingga kualitas pendidikan yang ada di Indonesia semakin menigkat.

Sejak kecil penulis mempunyai cita-cita ingin jadi seorang professor, dan cita-cita untuk menjadi professor bertahan sampai di bangku SMA, namun setelah mengenal dunia kampus dan banyak membaca buku inspirasi, mindset professornya berubah menjadi mindset seorang Technopreneur sukses. Kalau Seorang Bill Gates pemilik perusahaan Microsoft Corporation berhasil menggapai impiannya untuk membuat sebuah software computer yang dipakai disetiap computer atau Andrea Hirata dalam bukunya “Sang Pemimpi” berhasil menggapai mimpinya untuk kuliah di Universitas Sorbounne Perancis, apa salahnya kalau penulis yang notabene seorang anak kampung bermimpi untuk memiliki sebuah perusahaan IT terbesar di dunia. Dengan kuliah di Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer saya bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan minat dan bakat saya di bidang IT.


Pengalaman Organisasi
1.                  1Anggota PMR SMP Neg. 1 Sinjai Barat 2006
2.   Ketua Remaja Masjid Al Anshar 2007-2010
3.   Bendahara OSIS SMA Neg. 1 Sinjai Barat 2007/2008
4.   Sekretaris DKR (Dewan Kerja Ranting) Sinjai Barat 2008
5.   Ketua OSIS SMA Negeri 1 Sinjai barat 2008/2009 & 2009/2010
6.   Ketua Dewan Ambalan 611-612 SMA Negeri 1 Sinjai Barat 2008-2010
7.   Bendahara Umum POBAM (Persatuan Olahraga Beladiri Manipi) 2006
8.   PASKIBRA kecamatan Sinjai Barat (2007)  
9. Anggota Saka Wira  Kartika KODIM 1424 Sinjai. (2008-2009)
    10. Staf Departeman Infokom KBM FT UNM 2010/2011 
    11.  Anggota Bidang I HME FT UNM 2011/2012 
    12.     Staf Bidang Kewirausahaan LPM Penalaran UNM 2011/2012
12.            13.      Ketua Umum Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidik Misi (IKBIM) UNM 2011
14.     Anggota Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI).
15.     Anggota United English Forum (UEF) Makassar Ankgtan XVI
16.     Anggota HIPMI-PT (himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi) UNM
17.  Anggota Kompas MuDa Kota Makassar 2011
18. Anggota komunitas Makassar Preneur 2011
19.  Anggota komunitas One IT  2011
17.    
· Prestasi
a.    Kompetisi
1.      Juara II Lomba Bongkar Pasang Senjata se-Korem 141/ Toddopuli Sulawesi Selatan 2008 mewakili Kodim 1424 Sinjai
2.      Juara III Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Remaja (PKTIR) se-SulSel-Bar LPM Penalaran UNM 2009
3.      Juara II CCQ tingkat kecamatan Sinjai Barat 2007
4.      Juara I MSQ tingkat kecamatan Sinjai Barat 2009
5.      Juara I MSQ tingkat kecamatan Sinjai Barat 2010
6.      Finalis  MSQ tingkat Kabupaten Sinjai 2009
7.      Finalis MSQ tingkat Kabupaten Sinjai 2010
8.      Perwakilan Fakultas Teknik dalam MTQ Tingkat Universitas Negeri Makassar 2010
9.      Peserta OSN Komputer Kabupaten Sinjai 2008
10.  Peserta OSN Komputer Kabupaten Sinjai 2009
11.  Peserta OSN-PT Biologi  Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2011
12.  Finalis Pencak Silat Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab)  Sinjai 2008
13.  Peserta Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) Dikti 2010
14.  Peserta Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian dan Kewirausahaan (PKM-P dan PKM-K) Dikti 2011
15.  Lomba Esai dalam rangka Dies Natalis ke-50 UNM 2011
16.  Peserta terpilih kompetisi bergengsi Kompas MuDa untuk kota Makassar  2011
b.   Pelatihan
1.      Seminar Perbauran Anak Bangsa tingkat SMA se-Kabupaten Sinjai 2009
2.      Pelatihan Komputer HIPPMAS DPC Sinjai Barat 2009
3.      Latihan Dasar kepemimpinan (LDK) KKN Unhas 2009
4.      Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTIR) Se-SulSel-Bar LPM Penalaran UNM 2009
5.      Pelatihan Komputer Se-Kecamatan Sinjai Barat 2010
6.      Leadership Training KBM FT UNM 2011
7.      Training Mahasiswa Muslim Pilihan KBM FT dan PUSDAMM FBS UNM 2011
8.      Workshop Telkomsel Kompasiana Blogshop Makassar 2011
9.      Seminar IPK4 LPM Penalaran UNM 2011
10.  Character Building Training (CBT) Bidik Misi UNM 2011
11.  Training Motivasi “Agar Kuliah Tidak Sekedar Ngampus” BEM FMIPA dan SC Locus FMIPA Unhas 2011
12.  Seminar Nasional “Menakar Idealisme Pemuda sebagai Generasi Pembaharu” SCMM BEM FMIPA UNM 2011
13.  Workshop PKM HME FT UNM 2011
14.  Workshop Hardware dan Windows System Oleh Virtual Workshop 2011
15.  Seminar IT Nasional Oleh HIMANIKA FT UNM bekerjasama dengan Microsoft Indonesia 2011
16.  Panitia Karya Bakti Ilmiah (KBI) V LPM Penalran UNM di Dusun Kahaya Bulukumba
17.  Ketua Panitia Pelatihan Penulisan PKM 5 Bidang LPM Penalaran UNM 2011
18.  Panitia Seminar Akademik JPTE FT UNM 2011
19.  Ketua Panitia Study Tour to Toraja PTIK FT UNM 2011
20.  Kuliah umum DPR RI Anas Urbaningrum 2011
21.  Kuliah umum Tokoh Intelektual Muda Anies Baswedan (Salah satu dari 100 tokoh yang berpengaruh di Dunia) 2011
22.  Seminar Nasional dan Temu investor  oleh MG Investa di Unhas 2011
23.  Talk Show Windows 8 oleh MUGI bekerjasama dengan Trans Studio Makassar 2011
c.    Penghargaan
1.      Peserta Terbaik Pesantren Ramadhan se-Kabupaten Sinjai 2007
2.      Mahasiswa Mandiri Putra, Oleh Trainer Termuda Asia Tenggara Setia Furqon Kholid
3.      Peserta Kritis dalam Seminar IT Nasional oleh Microsoft Indonesia
 
d. Penelitian
1. Analisis Minat bersekolah Anak Jalanan (di pertigaan Pettarani-Alauddin)
2. Evaluasi Kelayakan Penerima Beasiswa Bidik Misi di Universitas Negeri Makassar
3. Warung Kepribadian (Pengaruh Keseringan ke Warnet terhadap Remaja di kota     Makassar)


 
DALAM POTRET

Rumah Sederhana nan Damai
Ibuku, Motivatorku

Tetap Semangat
Terus Berkarya










Share:

1 komentar:

KEGIATAN KAMI

Tentang Kami

Wadah mahasiswa Bidikmisi UNM untuk saling berkreasin berinovasi dan tentunya menginspirasi.
Ayo kirimkan cerita inspiratif kalian sebagai mahasiswa Bidikmisi agar bisa menginspirasi banyak orang.

Kirimkan ke: ikbim.unm@gmail.com
ikbim.unm@gmail.com
.

Arsip

ADMIN

Website ini dikelola oleh Bidang 3 Media dan Komunikasi IKBIM UNM Periode 2017-2018

1. Muhammmad Akhsan Alimuddin
2. A. Irvan Pradana
3. Nurhidayah
4. Vivi Suyanti
4. Nining Rahmiati
4. Muh. Irwan
4. Lindasari

Theme Support