Minggu, 13 Mei 2012

Mahasiswa Bidik Misi Jadi Mawapres UNM 2012

Senin (30/4)   Sebanyak 8 peserta mahasiswa perwakilan 8 fakultas di lingkungan Universitas Negeri Makassar mengikuti acara Seleksi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas 2012. Acara ini digelar di lantai 3 gedung rektorat UNM yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Aris Munandar, M.Pd yang didampingi oleh Pembantu Rektor III UNM, Prof. Dr. Hamsu Abd. Gani, M.Pd. Seleksi ini merupakan kelanjutan dari proses seleksi tingkat fakultas yang telah dilakukan sebelumnya. Selama sehari penuh di gelar, masing-masing peserta dituntut menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam presentasi dan menjawab pertanyaan dalam bahasa asing dari dewan juri yang merupakan dosen dari berbagai fakultas di UNM.

Dewan juri terdiri dari 5 orang juri yang kompeten dimasing-masing bidang dan merupakan orang-orang yang telah berpengalaman dalam ajang tahunan tersebut yaitu Dr. Subaer, M.Phil., Drs. Jalaluddin, M.Si., Drs. Ismail., M.S., Widyastuti, S.Psi.M.Psi.,Psikolog., dan Penyelasar oleh Andi Fajar Asti, S.Pd.,M.Pd.,M.Sc. Hal ini dimaksudkan untuk menemukan mahasiswa berprestasi yang nantinya bisa mewakili Universitas Negeri Makassar di tingkat Nasional yang rencananya akan di gelar bersamaan dengan Acara puncak hari Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus di Istana Negara Mendatang. Adapun kriteria yang menjadi penilaian dalam seleksi tingkat perguruan tinggi ini adalah kemampuan Bahasa Asing (25%), Keaktifan organisasi intra dan ekstra kurikuler (25%), Indeks Prestasi Akademik (20%) dan kualitas Ide dalam bentuk Karya tulis Ilmiah (30%).  Kriteria ini adalah kriteria dengan standar nasional yang telah didesain Oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan dan Kemahasiswaan Kemendikbud RI.
Adapun hasil dari seleksi mahasiswa berprestasi ini adalah juara pertama oleh Yusri (Mahasiswa FBS), Dian Din Astuti Mulia (FPsi) dan Yudi Arianto (FT) dengan perolehan skor berturut-turut adalah 85.54 poin, 75.23 poin, 67.16 poin. Ada yang luar biasa dalam kegiatan seleksi mawapres tingkat perguruan tinggi tahun 2012 ini adalah dari 8 peserta perwakilan Fakultas, 2 diantaranya adalah penerima Beasiswa Bidikmisi (sebuah beasiswa dari menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mahasiswa tidak mampu yang menanggung seluruh biaya perkuliahan dan Living cost selama 4 tahun). Dan sebuah prestasi lagi karena keduanya masuk 3 besar UNM. Kedua mahasiswa tersebut adalah Yusri dan Yudi Arianto.
Salah satu Pembina kemahasiswaan yang juga mantan Mawapres UNM mengatakan bahwa wajar kalau saudara Yusri sebagai pemenang pertama karena memiliki segudang prestasi walau masih tergolong mahasiswa semester 4, misalnya pernah menjadi pemakalah nasional dan internasional, pemenang Hibah PKM Dikti, rajin melakukan penelitian mandiri, penguasaan teknik penulisan karya tulis Ilmiah yang mumpuni dan memiliki Indeks Prestasi Akademik 3, 80.
Disela-sela kegiatan, Pembantu Rektor III UNM, Prof. Dr. Hamsu Abd. Gani, M.Pd, menyampaikan selamat kepada para Finalis Fakultas dan terkhusus bagi pemenang pertama dan menitip pesan bahwa pemenang pertama akan dipersiapkan untuk mengikuti ajang 15 Besar Nasional dengan melakukan persiapan meliputi pembimbingan Khusus di Jurusan Bahasa Jerman terkait pembuatan Resume Karya Tulis dalam Bahasa Asing (bahasa Jerman) dan perbaikan karya Tulis yang akan berafiliasi dengan Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran (sebuah lembaga kemahasiswaan yang konsen dalam bidang penelitian dan penulisan karya Tulis) tegasnya PR III UNM 2 periode ini . (Andi Fajar Asti, Tenaga Ahli PR III UNM)
 Sumber: http://www.unm.ac.id/
Share:

2 komentar:

  1. Selamat ya Yusri Hwang Tae Mapres UNM 2012... Sukses selalu..
    Teman Sekamar YP UGM (Tofik-UNNES)..

    BalasHapus

KEGIATAN KAMI

Tentang Kami

Wadah mahasiswa Bidikmisi UNM untuk saling berkreasin berinovasi dan tentunya menginspirasi.
Ayo kirimkan cerita inspiratif kalian sebagai mahasiswa Bidikmisi agar bisa menginspirasi banyak orang.

Kirimkan ke: ikbim.unm@gmail.com
ikbim.unm@gmail.com
.

Arsip

ADMIN

Website ini dikelola oleh Bidang 3 Media dan Komunikasi IKBIM UNM Periode 2017-2018

1. Muhammmad Akhsan Alimuddin
2. A. Irvan Pradana
3. Nurhidayah
4. Vivi Suyanti
4. Nining Rahmiati
4. Muh. Irwan
4. Lindasari

Theme Support