Kamis, 02 Januari 2014

Thanks Bidikmisi

TerimaKasih “Bidik Misi” !!!
            Nama saya Farida, dari jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Sungguh saya tidak pernah membayangkan sebelumnya bisa masuk di salah satu universitas negeri di Makassar ini, bahkan impian untuk kuliah setelah lulus SMA pun dulu cuma sebatas angan-angan saja bagi saya. Kenapa begitu?? Saya dari keluarga yang bisa dikatakan tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, yah semua orang juga tahu kalau untuk kuliah itu butuh biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, sejak menjelang kelulusan SMA waktu itu saya sudah tidak pernah berfikir untuk lanjut kuliah, karena melihat kondisi ekonomi keluarga saya yang tidak memungkinkan saya untuk melanjutkan pendidikan, tapi semakin saya tidak memikirkannya, semakin besar pula keinginan saya untuk tetap bisa  melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sampai pada akhirnya, saya mendengar info dari teman, kalau ada yang namanya beasiswa “Bidik Misi”, beasiswa yang katanya untuk siswa yang berprestasi tapi kurang mampu J, dan saya diberi sebuah buku yang berisikan tentang beasiswa itu, karena penasaran saya tanyakan tentang beasiswa “Bidik Misi” kepada guru Akuntansi di SMA saya waktu itu namanya pak Zalli. Pada awalnya pak Zalli menyarankan saya untuk ikut jalur PMDK, tapi saya betul-betul tidak mampu untuk ikut jalur itu. Pak Zalli optimis saya bisa lulus di jalur PMDK itu, tapi kalaupun saya lulus nantinya juga saya tidak akan bisa melanjutkannya karena akan terhalang oleh biaya yang sangat mahal. Saya berterus terang kepada pak Zalli tentang kondisi ekonomi keluarga saya, dan akhirnya pak Zalli menyuruh saya mencoba ikut jalur PMDK C / Bidik Misi.
            Mengetahui hal ini, mama saya sungguh sangat senang. mama yang selalu membantu saya mengurus berkas-berkas keperluan saya mendaftar beasiswa itu. Sampai pada hari pengumuman kelulusan SMA, Alhamdulillah saya lulus dengan nilai yang cukup memuaskan. Tapi yang jadi pikiran saya waktu itu, apakah saya lulus masuk perguruan tinggi yang saya pilih melalui jalur beasiswa bidik misi itu atau tidak? Apakah saya bisa mewujudkan impian saya untuk kuliah di Universitas yang saya impikan atau tidak? Saya mencari tahu infonya dan memang pengumumannya belum ada.


            Saya sempat pesimis, sempat berpikiran kalau mungkin belum rejeki saya untuk mendapatkan beasiswa itu, mungkin belum waktunya saya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tapi saya tetap berdoa, siapa tahu ada keajaiban.. hehehe :D
            Lama menunggu pengumuman itu, saya di daftarkan kuliah oleh tante saya, di salah satu sekolah tinggi ilmu ekonomi di Makassar, tapi sekolah tinggi itu masih baru dan belum terakreditasi, kata tante saya setidaknya saya bisa kuliah walaupun tidak di Universitas yang saya impikan. Sempat berpikir lagi, mungkin memang takdir saya kuliah di tempat ini. Sampai pada akhirnya saya kuliah disana, dan ambil jurusan Akuntansi, kuliah Cuma dari hari senin sampai rabu. Baru tiga hari kuliah di sekolah tinggi ilmu ekonomi itu, saya mendapat kabar baik, kabar yang sudah aku nanti-nantikan sejak pengumuman kelulusan SMA waktu itu. Ternyata saya lulus masuk Universitas Negeri Makassar, bebas tes dan berhasil mendapatkan beasiswa “Bidik Misi”. Syukur Alhamdulillah, tidak pernah berhenti terucap setelah mendengar kabar baik itu. Alhamdulillah ya Allah, doa dan usahaku selama ini ternyata tidak sia-sia.
            Besoknya saya ditemani mama saya mengurus berkas-berkas yang harus disiapkan untuk mendaftar ulang, kemudian siangnya saya ditemani tante saya langsung menuju Universitas negeri makassar. Disana terjadi masalah lagi, saya sempat down, karena katanya waktu pendaftaran ulangnya sudah lewat, tapi mungkin karena ibu-ibunya kasihan melihat saya, jadi saya diberi kesempatan untuk daftar ulang.. sekali lagi Alhamdulillah ya Allah...
            Mulai saat itu saya tidak lagi melanjutkan kuliah saya di sekolah tinggi ilmu ekonomi yang tidak terakreditasi itu, hehehe :D. Saya serius mempersiapkan diri saya untuk mengikuti senat penerimaan mahasiswa baru. Tidak henti-hentinya saya mengucap syukur kepada Allah SWT. Terima kasih karena telah mengabulkan doa-doa saya, tidak lupa pula saya berterima kasih kepada orang tua saya, terutama mama saya. Mama yang selalu menemani saya, kemanapun saya pergi. Mama yang sekarang rela merantau ke jayapura demi memenuhi kebutuhan saya dan adik saya.
            Dan sekarang saya sudah semester 7, sedikit lagi sarjana.. hehehe :D.. saya tidak bisa membayangkan seandainya saya tidak mendapatkan beasiswa “bidik misi” ini, mungkin saya tidak akan bisa merasakan yang namanya bangku kuliah. Untuk teman-temanku, mungkin ini Cuma sedikit cerita dari pengalaman saya, semoga menginspirasi kita semua, jangan pernah menyerah untuk mewujudkan impian kita, berdoa dan terus berusaha, itu kunci utama..
 Terima kasih “Bidik Misi” !!!
                                                                                                
*Karya: Farida (Mahasiswi Pendidikan Ekonomi 2010) 


Share:

1 komentar:

  1. Mau nanyak nii... ngurus bidik misi n pmdk it setelah kelulusan or sesudah ???

    BalasHapus

KEGIATAN KAMI

Tentang Kami

Wadah mahasiswa Bidikmisi UNM untuk saling berkreasin berinovasi dan tentunya menginspirasi.
Ayo kirimkan cerita inspiratif kalian sebagai mahasiswa Bidikmisi agar bisa menginspirasi banyak orang.

Kirimkan ke: ikbim.unm@gmail.com
ikbim.unm@gmail.com
.

Arsip

ADMIN

Website ini dikelola oleh Bidang 3 Media dan Komunikasi IKBIM UNM Periode 2017-2018

1. Muhammmad Akhsan Alimuddin
2. A. Irvan Pradana
3. Nurhidayah
4. Vivi Suyanti
4. Nining Rahmiati
4. Muh. Irwan
4. Lindasari

Theme Support